Patut Dicontoh, Kapolres Bangkalan Suapi Pengemis

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 16:06 WIB
Foto : AKBP DIDIK HARIYANTO, S.I.K Kapolres Bangkalan (Andy)
Foto : AKBP DIDIK HARIYANTO, S.I.K Kapolres Bangkalan (Andy)

HALLO MADURA -  Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangkalan akhirnya melakukan operasi gelandangan dan pengemis yang suka mangkal di pusat kota. Disana menemukan Mohammad Marto, 49, pengemis yang sempat viral, karena disuapin Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto S.I.K  beberapa waktu lalu. 

Kepala Dinsos Bangkalan Wibagio Suharta mengataka telah melakukan penjemputan seorang pengemis di Jl Soekarno Hatta, karena  dianggap dapat meresahkan dan mengganggu pengguna jalan. 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas informasi spontanitas Kapolres Bangkalan sehari sebelumnya yang sudah rela menyuapi gelandangan tersebut ditempat yang sama.

"Penjemputan seorang gelandangan laki-laki atas nama Mohamad Marto usia kurang lebih 49 tahun asal Desa Kamal, Kecamatan Kamal," ungkapnya, Selasa 3 Agustus 2021 seperti diwartakan bangakalnkab.go.id.

Pihak Dinsos kemudian memandikan, mengganti baju dan sarungnya yang sudah lusuh berbau dengan yang masih layak pakai di kantor dinsos Bangkalan.

"Kita mengantarkan gelandangan tersebut kepada keluarganya (saudaranya) di desa Kamal untuk dirawat di rumahnya dan dibina supaya tidak mengulangi perbuatan menggelandang dipinggir jalan,  karena dapat mengganggu ketertiban umum," imbuhnya.

 

Selain itu Dinsos juga telah menghubungi kepala desa dan petugas TKSK Kamal agar yang bersangkutan dibuatkan dokumen kependudukan yaitu:

  •  KK (sudah selesai Info dari TKSK) 
  • e-KTP (proses) untuk bisa dimasukkan DTKS 
  • Untuk mendapatkan bantuan, baik Bansos maupun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Meski sudah dievakuasi dan diantarkan ke rumahnya, Marto kembali dijumpai di perempatan Alun-alun Bangkalan. Pihaknya akan membawa gepeng tersebut ke Liponsos Keputih jika ditemukan kembali mengemis.

"Karena selisih satu hari penjemputan, pemandian, penggantian pakaian, dan pengantaran yang bersangkutan, besoknya sudah mangkal lagi di perempatan Alun-alun, dengan pakaian yang lusuh lagi," tutup Wibagio.

Halaman:

Editor: Andy Setiawan

Tags

Terkini

Bank UMKM Jatim Akan Bantu Permodalan Warga Sumenep

Kamis, 29 September 2022 | 19:37 WIB

Hari Jadi Sumenep Ke-753 Telan Anggaran Rp1,1 Miliar

Kamis, 29 September 2022 | 16:50 WIB
X