Pemkab Sumenep Temukan 62 Jenis Rokok Ilegal Beredar Di Toko

- Rabu, 14 September 2022 | 13:06 WIB
tim gabungan menggelar operasi serta edukasi berupa pemasangan stiker imbauan gempur rokok ilegal, Selasa (13/9). (Taufikurrahman)
tim gabungan menggelar operasi serta edukasi berupa pemasangan stiker imbauan gempur rokok ilegal, Selasa (13/9). (Taufikurrahman)

HALLO MADURA, Sumenep - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menemukan sebanyak 62 jenis rokok ilegal beredar di 27 toko.

Temuan itu saat tim gabungan menggelar operasi serta edukasi berupa pemasangan stiker imbauan gempur rokok ilegal, Selasa (13/9).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Sumenep Laili Maulidi menjelaskan, dari 62 jenis rokok ilegal itu beredar di 8 Kecamatan daratan.”kita sampaikan kepada toko-toko tentang bahaya peredaran rokok ilegal,” katanya, Rabu (14/9).

Dalam edukasinya ia menyampaikan bahwa salah satu tanda rokok ilegal yakni pita cukai palsu, pita cukai berbeda, pita cukai bekas rokok polos atau tanpa pita cukai.

Pihaknya menegaskan, berdasarkan pasal 54 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang cukai disebutkan, setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai dalam Pasal 29 Ayat (1) disebutkan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

“Kami juga sampaikan itu kepada toko, jika ada peredaran rokok ilegal untuk segera melaporka ke Kantor Bea Cukai karena segala bentuk penindakan ada di bea cukai,” terangnya

Kegiatan tersebut diharapkan dapat meminimalisir peredaran rokok ilegal di Sumenep. Sebab, kata dia, rokok tanpa cukai telah menyalahi aturan berlaku.

“Lebih baik membuat rokok resmi atau yang dilengkapi dengan cukai,” pungkasnya (Upek)

Editor: Andy Setiawan

Terkini

Bank UMKM Jatim Akan Bantu Permodalan Warga Sumenep

Kamis, 29 September 2022 | 19:37 WIB

Hari Jadi Sumenep Ke-753 Telan Anggaran Rp1,1 Miliar

Kamis, 29 September 2022 | 16:50 WIB
X